Ratusan Tenaga Medis Thailand Terinfeksi Covid-19 Padahal Sudah Divaksin

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANGKOK – Lebih dari 600 petugas medis di Thailand yang sudah menerima dua dosis vaksin Sinovac dilaporkan terinfeksi Covid-19. Pihak berwenang pun mempertimbangkan untuk memberikan dosis penguat guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari 677.348 petugas medis yang menerima dua dosis vaksin Sinovac, sebanyak 618 di antaranya dinyatakan terinfeksi Covid-19, menurut data kementerian kesehatan dari April hingga Juli. Seorang perawat bahkan meninggal dan pekerja medis lainnya dalam kondisi kritis.

Sebuah panel ahli telah merekomendasikan dosis ketiga untuk memicu kekebalan bagi para petugas medis yang berisiko. Hal ini diungkapkan oleh pejabat kesehatan senior Sopon Iamsirithawon dalam konferensi pers.

“Ini akan menjadi vaksin yang berbeda, baik vektor virus AstraZeneca atau vaksin mRNA, yang akan diterima Thailand dalam waktu dekat,” kata Sopon Iamsirithawon, melansir Reuters.

Pengumuman itu muncul ketika negara Asia Tenggara itu melaporkan rekor tertinggi 9.418 infeksi komunitas pada Minggu (11/7). Sementara pada Sabtu (10/7) pihak berwenang melaporkan rekor 91 kematian baru akibat Covid-19 setiap hari.

Sejak pandemi Covid-19 tahun lalu, Thailand telah melaporkan total 336.371 infeksi Covid-19 dengan 2.711 kematian. Mayoritas petugas medis dan garis depan Thailand diberi suntikan Sinovac pada Februari dengan vaksin vektor virus dari AstraZeneca (AZN.L) tiba pada bulan Juni.

Thailand tengah menanti sumbangan 1,5 juta vaksin Pfizer-BioNTech dari Amerika Serikat akhir bulan ini dan telah memesan 20 juta dosis yang akan dikirimkan pada Oktober.

Sementara negara tetangga Thailand, Indonesia yang juga sangat bergantung pada Sinovac, mengatakan akan memberikan vaksin Moderna sebagai booster kepada para petugas medis medis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini