Ramah Lingkungan, Ini Konsep Pembangunan Ibu Kota Baru RI di Kalimantan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Ramah lingkungan menjadi fokus utama pemerintah membangun ibu kota baru di Kalimantan. Salah satunya memiliki dan menata jaringan gas (jargas) serta sistem air minum yang lebih baik.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Menurutnya hal itu dilakukan agar tidak mengulang kesalahan-kesalahan pembangunan kota baru yang telah terjadi di Indonesia. Di ibu kota ini masih bergantung dengan LPG, kedepan tidak ada lagi, orang mau masak pakai jaringan gas kota.

Mantan Menteri Keuangan ini menceritakan, ibu kota negara yang baru juga akan dibangun dengan konsep hijau. Saat ini, ada dua provinsi yang berpotensi menjadi ibu kota baru yaitu Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kateng).

Berdasarkan kajian Bappenas, dari kedua provinsi itu yang paling berpotensi adalah Kaltim dilihat dari plus minus semua sektor. Namun hal itu belum diputuskan.

“Lalu air, kita tidak ingin rumah ada sumurnya, tapi langsung ke-connect oleh pipa PDAM dan orang bisa menikmati yang berkualitas dan tidak merusak lingkungan,” katanya.

Begitu pula dengan pembangkit listriknya, Bambang mengungkapkan nantinya akan memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) dan tidak lagi menggunakan energi fosil. “Makanya kita bangun green city, harus benar-benar hijau, energinya yang EBT, paling tidak clean renewable bukan tergantung fosil,” katanya.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini