PUPR, Kementerian Pertama yang Kirim ASN ke IKN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) akan memberikan dukungan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala BPSDM Kementerian PUPR Abdul Hamid mengatakan pada beberapa pembangunan tahap awal pihaknya siap mengirimkan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN Nusantara. Hal ini untuk melakukan percepatan pembangunan. ”Artinya hampir 300-500 orang akan bekerja di sana (tahap pertama). Termasuk teman-teman yang kita didik akan kita kirimkan. Untuk percepatan proses pelaksanaan dari IKN Nusantara,” ujar Abdul Hamid.

Sebab menurutnya pada Agustus 2024 Presiden Joko Widodo menargetkan pusat pemerintahan sudah berpindah dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Makanya, pembangunan gedung-gedung dan infrastruktur dasar perlu ada percepatan. Salah satu cara untuk mempercepat pembangunan tersebut menurut Abdul Hamid adalah dengan memberikan dukungan SDM ke IKN Nusantara.

Selain itu untuk meningkatan kompetensi SDM, Abdul Hamid mengatakan saat ini tengah mengirimkan beberapa ASN untuk belajar langsung ke Korea Selatan.

Mengingat negara tersebut juga sudah memiliki pengalaman untuk memindahkan ibu kota negara. “Kita baru saja mengirimkan 25 ASN teknis ke Korea Selatan. Jadi pulang nanti langsung bertugas ke IKN,” kata Abdul Hamid.

Ia menjelaskan bahwa mereka yang ke Korea Selatan itu merupakan ASN teknis. Ia berharap para ASN ini bisa belajar terkait desain, perencanaan, serta regulasi infrastruktur dan manajemen kota.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini