Puluhan Negara Miskin Terjebak Utang dengan Cina

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEIJING – Dorongan infrastruktur luar negeri Cina yang ambisius telah membebani negara-negara miskin dengan “utang tersembunyi” senilai 385 miliar USD. Sebuah studi melaporkan, lebih dari sepertiga proyek dilanda dugaan skandal korupsi dan protes.

Riset dari laboratorium penelitian pembangunan internasional AidData mengatakan bahwa kesepakatan yang tidak jelas dengan sejumlah bank negara dan perusahaan – di bawah dorongan investasi utama Presiden Xi Jinping, membuat lusinan negara dengan penghasilan rendah terikat dengan utang yang tidak ada di neraca mereka.

Cina telah menginvestasikan lebih dari 843 miliar USD untuk pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan rumah sakit di sekitar 163 negara sejak program itu diumumkan pada 2013, termasuk banyak negara di Afrika dan Asia Tengah.

Hampir 70 persen dari uang ini telah dipinjamkan ke bank-bank negara atau usaha patungan antara bisnis Cina dan mitra lokal di berbagai negara yang sudah sangat berhutang budi kepada Beijing, direktur eksekutif AidData Brad Parks mengatakan kepada AFP.

“Banyak pemerintah miskin tidak dapat mengambil pinjaman lagi. Jadi (Cina) menjadi kreatif,” kata direktur eksekutif AidData Brad Parks, melansir Yahoo News, Rabu, 29 September 2021.

Ia mengatakan pinjaman diberikan kepada konstelasi aktor selain pemerintah pusat, tetapi sering didukung oleh jaminan pemerintah untuk membayar jika pihak tersebut tidak sanggup.

“Kontraknya keruh dan pemerintah sendiri tidak tahu persis nilai moneter yang mereka harus bayar ke Cina,” sambungnya.

Studi tersebut mengungkap utang yang tidak dilaporkan ini bernilai sekitar 385 miliar USD. AidData, yang berbasis di College of William and Mary di Virginia, melaporkan 45 negara berpenghasilan rendah dan menengah yang sekarang memiliki tingkat eksposur utang ke Cina lebih tinggi 10 persen dari produk domestik bruto nasional mereka.

Kebencian telah dipicu tentang tingginya tingkat uang Cina yang mengalir ke berbagai tempat seperti Balochistan di Pakistan barat daya, di mana penduduk setempat mengatakan mereka mendapatkan sedikit keuntungan dan militan telah meluncurkan serangkaian serangan yang bertujuan untuk merusak investasi Cina.

“Apa yang kami lihat sekarang adalah penyesalan para peminjam. Banyak pemimpin asing yang awalnya ingin ikut-ikutan sekarang menangguhkan atau membatalkan proyek infrastruktur Cina karena masalah keberlanjutan utang,” ucapnya.

Anggota G7 mengumumkan skema saingan untuk melawan dominasi Beijing dalam pinjaman global tahun ini. Pinjaman Beijing menuntut suku bunga yang lebih tinggi dengan periode pembayaran yang lebih pendek, AidData melaporkan.

Parks mengatakan penelitian mereka menyimpulkan ini bukan skema besar untuk membangun aliansi, seperti yang digambarkan oleh Beijing. Melainkan Cina memburu proyek yang paling menguntungkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini