Puan Maharani Dilaporkan ke MKD karena Rayakan Ultah di Paripurna DPR

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi (KAMAKSI) Joko Priyoski melaporkan Ketua DPR Puan Mataharani ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Laporan ini terkait karena momen ulang tahunnya yang dirayakan dalam rapat paripurna, Selasa 6 September 2022.

Joko menilai Puan tak etis karena mengizinkan selebrasi ulang tahun di rapat resmi. Terlebih yang memprihatinkan bersamaan dengan momen demonstrasi penolakan kenaikan BBM di DPR.

Joko mendatangi MKD DPR pada Senin 12 September 2022 untuk melaporkan Puan. Meski laporannya itu masih di proses di MKD.

”Saya datang atas nama pribadi. Melaporkan Puan ke MKD, atas viralnya video perayaan ulang tahun beliau di tanggal 6 September yang lalu di saat massa berunjuk rasa. Beliau bukannya menerima perwakilan massa malah melakukan euforia dalam gedung ini,” kata Joko, Senin 12 September 2022.

Joko berharap DPR menjadi sarana penyampaian aspirasi masyarakat. ”Tidak lagi menjadi proyek-proyek sifat ceremony atau pun euforia belaka. Beliau ini kan kita tahu [mau] menjadi calon presiden. Harusnya beliau memiliki kepekaan yang tinggi terhadap beban masyarakat,” sindirnya.

Joko meminta Puan meminta maaf. Ia juga meminta MKD memberikan teguran kepada Puan. Ia juga berpesan agar Puan dapat menanggapi persoalan masyarakat tak hanya dengan kata-kata, tapi juga tindakan.

“Kami meminta Puan meminta maaf, kepada masyarakat Indonesia atas viralnya video ulang tahun beliau. Jangan juga beliau hanya sekadar lip service ketika bilang mau ikut merasakan [kesulitan masyarakat]. Sikap beliau sebagai Ketua DPR RI, yaitu mendesak pemerintah menaikkan harga BBM yang kita lihat hari ini sangat berimbas itu semua sektor,” katanya.

Joko berharap laporannya bisa berlanjut oleh MKD. Ia mengingatkan Puan untuk tak melukai hati masyarakat. “Kami meminta DPR RI untuk mendesak pemerintah membatalkan kenaikan BBM. Jangan lukai hati masyarakat,” pungkasnya.

DPR RI menggelar Rapat Paripurna Khusus Pidato Ketua DPR RI dalam Rangka HUT DPR RI Ke-77 dan Penyampaian Laporan Kinerja DPR RI Tahun Sidang 2021-2022 pada 6 September lalu. Rapat ini digelar sekaligus dengan Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan I Tahun 2022-2023.

Karena bertepatan dengan HUT Puan, MC memutar lagu ulang tahun dan mengajak peserta rapat untuk ikut bernyanyi. Puan pun ikut bertepuk tangan seirama lagu dan berterima kasih atas ucapan selamat para anggota.

Mirisnya pada saat yang sama, massa butuh tengah melakukan aksi demonstrasi penolakan kenaikan BBM di gerbang DPR. Puan tak menemui massa tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Cegah Skimming, Patroli Samapta Polresta Sleman Pantau Gerai ATM

Mata Indonesia, Sleman - Guna Mengantisipasi aksi kasus pembobolan ATM dengan metode skimming yang merugikan sejumlah nasabah Bank, Polresta Sleman secara rutin melakukan patroli ke titik-titik lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kabupaten Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini