Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Kabur ke Maladewa

Baca Juga

MATA INDONESIA, MALE – Keberadaan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa sempat simpang siur. Kini, dia diketahui berada di ibu kota Maladewa, Male.

Rajapaksa meninggalkan Sri Lanka menggunakan jet militer di tengah demo besar-besar massa karena krisis ekonomi. Pria berusia 73 tahun itu tiba di ibu kota Maladewa, Male, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Kepergian Rajapaksa mengakhiri dinasti keluarga yang telah memerintah Sri Lanka selama beberapa dekade. Dia sempat bersembunyi setelah masyarakat menyerbu kediamannya pada Sabtu 9 Juli lalu.

Sebelumnya, Rajapaksa berjanji akan mengundurkan diri pda Rabu 13 Juli. Saudaranya, mantan Menteri Keuangan, Basil Rajapaksa, juga telah meninggalkan Sri Lanka yang kabarnya menuju Amerika Serikat.

Pada Selasa malam sudah ada ribuan orang berkumpul di taman, menunggu pengunduran diri presiden. Warga Sri Lanka menyalahkan pemerintahan Presiden Rajapaksa atas krisis ekonomi terburuk mereka dalam beberapa dasawarsa.

Selama berbulan-bulan mereka berjuang menghadapi pemadaman listrik setiap hari dan kekurangan kebutuhan pokok seperti bahan bakar, makanan dan obat-obatan.

Rajapaksa diduga sengaja melarikan diri sebelum mengumumkan pengunduran diri untuk menghindari penangkapan oleh pemerintahan baru Sri Lanka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini