PPP Klarifikasi Pidato Suharso yang Rendahkan Martabat Kiai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pidato Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa merendahkan kiai viral di sosial media. Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Zainut Tauhid Sa’adi mengklarifikasi pidato tersebut. Menurut dia, pidato yang viral tersebut menimbulkan salah penafsiran lantaran dipotong.

”Hendaknya masyarakat membaca pidato Ketua Umum PPP Bapak Suharso Monarfa secara utuh. Tidak dipotong sebagaimana yang beredar dan menjadi viral di masyarakat. Hal tersebut dapat menimbulkan salah penafsiran dan keluar dari konteks yang sebenarnya,” ujar Zainut, Minggu 21 Agustus 2022.

Pidato Suharso pada acara pembekalan ‘Politik Cerdas Berintegritas’ oleh KPK. Dalam acara itu, kata dia, Suharso menjelaskan tentang fenomena politik transaksional di masyarakat yang melahirkan praktik politik tidak sehat, mahal, dan koruptif yang pada gilirannya berurusan dengan KPK.

“Pidato beliau sama sekali tidak ada niat untuk merendahkan harkat martabat siapa pun. Utamanya para kiai dan pengasuh pondok pesantren. Beliau semata ingin mendudukkan persoalan yang selama ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat,” kata Zainut.

Hal tersebut menurut Zainut, karena Suharso merespons pernyataan Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardhiana yang dalam sambutannya menyampaikan agar tidak membenarkan hal yang biasa. Tetapi membiasakan hal yang benar.

Menurut dia, pidato tersebut sekaligus merespons pidato Wakil Ketua KPK Pak Nurul Ghufron yang mengatakan PPP harus menjadi partai yang menjunjung tinggi sila satu Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, bukan mengedepankan keuangan yang maha kuasa.

“Beliau ingin mengatakan apakah yang biasa dilakukan oleh para santri, muhibbin dan masyarakat ketika sowan kiai dengan memberi amplop (bisyaroh). Itu termasuk perilaku yang membenarkan hal yang biasa, atau membiasakan hal yang benar? Karena hal seperti itu sudah menjadi kelaziman di kalangan masyarakat pesantren. Sebagai bentuk penghormatan dan memuliakan guru atau kiai. Dan apakah hal tersebut termasuk katagori perbuatan penyuapan atau korupsi?” ujar Zainut.

“Itu sesungguhnya mafhum mukhalafah. Sebuah telaah kritis agar kita bijak dalam menilai sesuatu,” kata Wakil Menteri Agama ini.

Selain itu, menurut Zainut, pidato Suharso juga ingin menjawab pernyataan KPK untuk membangun sebuah sistem demokrasi yang hebat dan berintegritas. Sehingga Suharso memulai pidato dengan menjabarkan kondisi riil di masyarakat, agar bisa memberi solusi yang tepat.

“Dengan memberikan tamsil atau ilustrasi seperti tersebut, Pak Ketum bermaksud ingin meyakinkan kepada KPK. Agar bisa memahami kondisi riil yang terjadi di masyarakat. Ada istilah yang juga beliau sampaikan bahwa setiap Pemilu itu harus ada NPWP, Nomor Piro Wani Piro. Hal tersebut menggambarkan praktik politik transaksional di tengah masyarakat yang begitu terstruktur, sistematis dan masif. Maka beliau minta kepada KPK untuk ikut memberikan edukasi kepada masyarakat. Melalui program Politik Cerdas Bebas Korupsi,” jelas Zainut.

Suharso Monoarfa pun telah meminta maaf usai video pidato di KPK beredar di media sosial, Jumat 19 Agustus 2022.  Karena itu, Zainut meminta kepada masyarakat untuk menghentikan polemik tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini