Polemik Soal Ganjar Makin Memanas di Tubuh PDIP, Bappilu Sebut Elektabilitas Hanya Wacana

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Konflik di internal partai PDIP soal siapa yang maju jadi Capres tahun 2024 makin memanas. Semua itu berawal dari elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang terus naik dan dianggap cocok maju sebagai calon dari partai berlambang banteng tersebut.

Namun, hal itu banyak mendapat kritikan, salah satunya dari Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang melontarkan komentar pedas soal elektabilitas Ganjar Pranowo.

Menurut dia, elektabilitas Ganjar hanyalah wacana udara. Menurut dia, elektabilitas Ganjar melesat karena efek pemberitaan. Hal serupa juga terjadi terhadap kepala daerah lain yang disebut-sebut kandidat capres 2024, seperti Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

Bambang Pacul yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah ini mengatakan, ketiganya bisa dikenal sejauh ini lantaran jangkauan pemberitaan terhadap ketiga gubernur itu luas.

“Elektabilitas yang dicapai oleh Anies, oleh Ridwan Kamil, oleh Ganjar, itu adalah elektabilitas hasil pemberitaan. Itu adalah buah news yang diputar-putar menjadi dimension, news-dimension, diputar-putar dimension, and then reach terjadi kalian baca jangkauan. Makin luas jangkauan makin oke,” katanya.

Menurut dia, elektabilitas seseorang termasuk yang saat ini dicapai Ganjar dan dua orang gubernur lainnya adalah potret keadaan sekarang. Elektabilitas mereka nantinya bisa bergerak dan berubah seiring berjalannya waktu.

“Seseorang punya elektabilitas itu tentu karena adanya effort. Effortnya hari ini ya asal kau kenal, maka kau pilih aku. Kau kenal aku, kau suka sama aku pasti kau pilih aku. Itu ketika belum ada pertempuran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang juga merasa elektabilitas mereka hanya sekadar menjadi wacana karena belum tentu menggambarkan kondisi nyata di lapangan. Mengingat elektabilitas yang didapatkan selama ini hanya baru berdasar dari cakupan pemberitaan media.

Kemudian soal polemik antara Ketua DPR RI Puan Maharani dengan Ganjar Pranowo yang semakin hangat dibicarakan akhir-akhir ini lantaran beredar isu keduanya berebut tiket Calon Presiden (Capres) 2024, Bambang Pacul menepisnya.

Ia mengatakan Puan dan Ganjar akur alias sedang baik-baik saja. “Jadi itu sangat sepele, bukan soal rebutan Capres antara Mbak Puan dan Pak Ganjar,” katanya.

Sosok yang akrab dipanggil Bambang Pacul ini membeberkan hingga saat ini partai belum menentukan sikap terkait tiket Capres jelang Pilpres 2024.

Hanya saja, kata Bambang, terkait keputusan sosok yang bakal maju Capres pilihan PDIP merupakan hak prerogatif Ketua Umum (Ketum) Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini