PM Ranil Wickremesinghe Jadi Presiden Sri Lanka

Baca Juga

MATA INDONESIA, KOLOMBO – Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe pada Rabu, 20 Juli 2022, terpilih sebagai presiden menggantikan Gotabaya Rajapaksa, yang melarikan diri dari negara yang dilanda krisis dan mengundurkan diri pada minggu lalu.

Hasil resmi menunjukkan Wemesinghe berhasil mengumpulkan 134 suara dalam pemungutan suara parlemen tiga sudut. Ia melawan politikus Dullas Alahapperuma yang hanya mendapatkan 82 suara. Dan politisi sayap kiri Anura Dissanayake yang mendapatkan 3 suara.

Melansir dari The Sundaily, Rabu 20 Juli 2022, pemilihan ini dominasinya oleh pendukung perdana menteri Sri Lanka. Tak heran ia mendapat suara mayoritas mutlak pada kesempatan pemilihan pertama.

“Perpecahan kita sekarang sudah berakhir,” kata Wickremesinghe dalam pidato singkat di parlemen.

Dia juga mengundang Alahapperuma untuk bergabung dengannya. Serta bekerja sama membawa Sri Lanka keluar dari krisis yang mereka hadapi.

Dia mengatakan, dan berharap pelantikan pada Rabu malam dalam sebuah upacara sederhana di gedung parlemen dengan penjagaan militer yang sangat ketat.

Dengan terpilihnya pria berusia 73 tahun ke posisi puncak, kabinet saat ini secara otomatis bubar. Ia rencananya akan memilih perdana menteri untuk membentuk kabinet baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini