PLN Siapkan 36 Lokasi PLTS untuk KTT G20 di Bali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 36 lokasi pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS atap atau photovoltaic rooftop berkapasitas 869 kilowatt peak mendukung perhelatan KTT G20 di Bali.

”Terdapat tiga konsentrasi utama kami dalam menyiapkan pasokan listrik untuk pelaksanaan KTT G20. Di antaranya pemasangan PLTS pada 35 atap gedung milik PLN dan satu gedung milik PT Indonesia Power yang rampung pada Juli 2022,” kata Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Madura dan Bali Haryanto, Minggu, 27 Februari 2022.
Menurut dia pembangkit listrik Surya itu akan meningkatkan penggunaan energi bersih.
Tak hanya itu, PLN juga membangun PLTS hybrid di Nusa Penida yang akan menyumbangkan pasokan setrum bersih sebesar 3,5 megawatt. ”Penambahan pembangkit ini menjadi langkah antisipatif dalam menghadapi lonjakan kebutuhan listrik yang naik sebesar 20 persen jelang KTT G20,” ujarnya.
Perseroan juga akan membangun 60 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau SPKLU yang dapat mengisi baterai ultra cepat dan 21 SPKLU yang bisa mengecas cepat di beberapa lokasi strategis, termasuk menyediakan 150 home charging.
Pembangunan infrastruktur tersebut untuk memenuhi kebutuhan listrik pengisian daya mobil-mobil listrik. Adapun pembangunan fasilitas pengecasan baterai kendaraan listrik itu targetnya selesai pada Agustus 2022.
”Setelah pemetaan terdapat sekitar 656 unit mobil listrik selama kegiatan KTT G20 nanti. Sehingga PLN menyiapkan SPKLU di lokasi-lokasi strategis,” kata Haryanto.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini