Pindah Ibu Kota, Moeldoko Sarankan Penyatuan Pangkalan 3 Matra TNI

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Saat proses pemindahan ibu kota Indonesia di Kalimantan, Kepala Staf Presiden, Moeldoko mengusulkan rencana penggabungan pangkalan angkatan udara, angkatan laut, dan angkatan darat. Menurutnya jika itu terlaksana, maka TNI akan ditakuti oleh negara luar.

“Saya sudah sarankan ke presiden. Kalau di Kalimantan ada pelabuhan lautnya dan nggak jauh ada pangkalan udara, nanti kalau hari ultah (Indonesia) aja kita bisa display kekuatan laut dan udara dalam satu momentum itu luar biasa,” kata Moeldoko di gedung Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat.

Moeldoko mengatakan saat ini kondisi pangkalan tiga matra angkatan TNI saling berjauhan. Dia pun bermimpi pangkalan TNI AD, TNI AU dan TNI AL dapat berada di satu kawasan.

“Nanti Pak Menteri Bappenas Bambang sekaligus kalau bisa ada pelabuhan, pangkalan angkatan udara, dan ada markas angkatan daratnya itu akan luar biasa ditakuti nanti, 3 pangkalan dalam 1 kawasan,” ungkap Moeldoko.

Sementara itu, Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro menanggapi positif harapan Moeldoko. Menurutnya rencana itu baik untuk pertahanan ibu kota baru nantinya.

“Kita akan lihat di mana pelabuhan terdekat, kemudian pangkalan udara dibangun karena harus dibangun dan kita harap lokasi itu berdekatan satu sama lain, sehingga penyatuan tiga angkatan bisa terjadi di dekat ibu kota,” katanya.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini