Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I 2022 Diramal Capai 5 Persen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi kuartal I diramalkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bisa tumbuh 4,5 persen hingga 5 persen. Angka ini menjadi pembuka awal tahun 2022 untuk bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun sebesar 5,2 persen.

“Kita harapkan di kuartal I tahun 2022 ini tumbuh 4,5 persen sampai 5 persen,” katanya

Kemudian lanjutnya, pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022 diharapkan bisa tumbuh minimal 3 persen hingga 5 persen. “Di Q2 ini kita harus tumbuh minimal di tingkat 3 persen sampai 5 persen,” katanya.

Meski begitu, dia tidak menaikkan pertumbuhan ekonomi tahun ini masih memiliki ragam tantangan. Masih dihadapkan dengan ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 dan variannya, konflik Rusia dan Ukraina hingga peningkatan harga komoditas global.

“Ekonomi global ini akan pulih tapi ada berbagai ketidakpastian,” kata Airlangga.

Untuk itu, langkah yang diambil pemerintah saat ini dengan menerapkan kebijakan countercyclical. Mendorong pemulihan ekonomi nasional tetap berlanjut di Tanah Air. Sehingga pada akhirnya, target pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun bisa tercapai 5,2 persen.

“Ini juga tergantung pada pemulihan dan penanganan pandemi dan bagaimana pemerintah menangani kenaikan harga komoditas,” katanya.

Bank Indonesia (BI) merevisi prakiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2022 yaitu menjadi 3,5 persen dari sebelumnya sebesar 4,4 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, revisi ini dilakukan akibat berlanjutnya ketegangan politik global akibat perang Rusia dan Ukraina. Hal ini berdampak pada ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi.

“Pemulihan ekonomi global diprakirakan terus berlanjut meski lebih rendah dari proyeksi sebelumnya,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini