Pernah Gagal Jadi Menhub, Bambang Susantono Diberitakan Bakal Jabat Kepala Otorita IKN Nusantara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Bambang Susantono tiba-tiba menghiasi halaman sejumlah laman berita terkemuka, Rabu 23 Februari 2022.

Media “mendaulatnya” sebagai orang yang dimaksud Presiden Jokowi untuk menjabat kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Namun, Tenaga Ahli Utama pada Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengungkapkan bukan Bambang yang dimaksud Jokowi sehingga jurnalis diminta bersabar menunggu waktu pengumuman yang dijanjikan Presiden Jokowi.

Tetapi, dukungan terhadap Bambang untuk menduduki jabatan tersebut juga bukan dari orang sembarangan.

Setidaknya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung jika Bambang memang dipilih Presiden pada akhirnya.

Bambang juga bukan orang baru di pemerintahan bahkan selama menduduki sejumlah jabatan di birokrasi urusannya sering kali berkaitan dengan kewilayahan.

Urusan transportasi menjadi urusan sehari-harinya saat menjadi Wakil Menteri Perhubungan di era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sayang jabatannya tidak berlanjut menjadi Menteri Perhubungan, karena Presiden Jokowi pada Oktober 2014 mempercayakannya kepada Ignasius Jonan.

Sebelumnya saat menjabat Deputi Menko Perekonomian dia dipercaya sebagai deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 2007-2010.

Dia juga mantan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004-2010 yang lebih senang mengusung sistem transportasi humanis.

Bambang juga terlibat dalam pembenahan sektor transportasi di Indonesia seperti jalur rel kereta api ganda, monorail dan busway.

Lelaki kelahiran Yogyakarta 4 November 1963 itu rekam jejaknya banyak berurusan dengan infrastruktur dan transportasi.

Selepas kuliah dari jurusan Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB), Bambang meraih S2 di bidang kota dan pereencanaan regional transport engineering dari Universitas California Berkeley.

Gelar akademiknya pun tak bisa disangkal lagi jika Bambang adalah ahli tata kota dan kewilayahan (MCP) dan MSCR di bidang teknik transportasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini