Perlu Pendekatan Persuasif untuk Selesaikan Kerusuhan Yahukimo

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengimbau agar aparat keamanan dan pemerintah setempat perlu melakukan pendekatan damai untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Yahukimo, Papua.

“Pendekatan persuasif tetap diperlukan untuk menenangkan keadaan, menenangkan rakyat di sana namun kita minta aparat juga bertindak tegas apabila kemudian menemukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atau KKB yang mencoba membuat kerusuhan lebih luas di Yahukimo,” katanya, Senin 4 Oktober 2021.

Tak lupa Ketua harian Gerindra itu juga mengungkapkan rasa duka citanya atas meninggalnya 6 orang warga dalam aksi kekerasan tersebut.

“Saya ucapkan prihatin atas terjadi keadaan yang tidak diinginkan di Yahukimo dan kita lihat ada 6 yang meninggal dan 1.000-an orang yang melakukan pengungsian atau evakuasi. Dengan kejadian mantan bupati yang sebenarnya ada di Jakarta dan belum jelas sebab kematiannya,” ujarnya.

Ia pun berharap aparat mewaspadai isu liar terkait kerusuhan di Yahukimo yang berpotensi memecah belah Papua.

“Nah yang mesti diwaspadai memang adanya upaya-upaya untuk memecah belah di Papua terutama dengan isu-isu yang kemudian tidak berdasar. Apalagi di sana sementara sedang diselenggarakan hajat besar yang sama-sama kita tahu, PON yang baru dibuka oleh Pak Presiden,” katanya.

Sebelumnya, kericuhan antara kelompok masyarakat suku yali dan suku kimyal di Yahukimo, Papua, menewaskan 6 orang dan 41 orang terluka. Awal kericuhan itu diduga dipicu dari kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Basup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini