Peringati 77 Tahun Kemerdekaan RI, BEM Nusantara DIY Lakukan Malam Tirakatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEMNUS) DIY memilih melakukan acara Malam Tirakatan Kemerdekaan.

Acara itu diadakan oleh BEM Nusantara DIY di Halaman Tugu Golong Gilig Yogyakarta dan dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang tergabung dalam BEMNUS DIY.

Koordinator Daerah (Korda) BEM Nusantara DIY menuturkan kegiatan itu murni dari mahasiswa yang dilakukan sebagai bentuk panggung refleksi menyambut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Malam Tirakatan ini memang sengaja diadakan oleh BEM Nusantara DIY sebagai bentuk panggung refleksi penyambutan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan nalar kritisi mahasiswa melalui kesenian,” kata Koordinator BEMNUS DIY, Muhammad Nur Fadillah yang dikutip Selasa 17 Agustus 2022.

Malam Tirakatan itu mengangkat tema “Menguatkan Rasa Nasionalisme dengan
Menjujung Tinggi Kebebasan Berpikir, Berpendapat, dan Berekspresi di Momen
Kemerdekaan dalam Membangun Spirit Perjuangan Mahasiswa Indonesia”.

Beragam penampilan ditampilkan dalam kegiatan itu seperti orasi kemerdekaan, musikalisasi puisi kemerdekaan, tari kedaerahan, tarian kontemporer, dan aksi teatrikal.

Kegiatan Malam Tirakatan ini diawali dengan do’a bersama, dilanjutkan dengan menyalakan 77 lilin sebagai bentuk harapan mahasiswa kepada Indonesia yang memasuki usia 77 Tahun.

Desain kegiatan itu adalah mimbar bebas mahasiswa dan do’a bersama mengharapkan Indonesia memiliki ruang gerak bebas dalam berekspresi menyampaikan pendapat oleh rakyat nya.

Reporter: Muhamad Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini