Perdebatan Larangan Makan Daging Anjing, Bermanfaat atau Berbahayakah?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Baru-baru ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menginstruksikan pemerintah Kota Solo agar Perda larangan makan daging anjing direalisasikan. Ganjar mengimbau agar masyarakat berhenti mengonsumsi daging anjing.

Hal itu berawal dari adanya laporan sebanyak 13.700 ekor anjing dibantai di Solo untuk dikonsumsi dagingnya. Menurutnya anjing bukanlah binatang untuk dikonsumsi lantaran tidak termasuk sebagai produk peternakan, kehutanan, dan lainnya.

Menurut Dog Meet Free (DMF) terdapat seratus lebih warung makanan olahan anjing di daerah Solo Raya. Di Surakarta misalnya, ada 82 warung olahan anjing.

Daging anjing memang terkenal banyak peminatnya, lalu apakah ada manfaat dan bahayanya tersendiri jika mengonsumsi daging anjing?

Jika daging anjing yang dipasarkan tidak terjamin kualitasnya maka konsumen rawan terpapar virus rabies anjing. Virus rabies bahkan tak hanya menular lewat daging yang dimakan tapi bisa melalui kendaraan yang membawa olahan daging tersebut.

Selain itu, daging anjing juga memiliki beragam bakteri seperti E.coli, hepatitis, dan leptospirosis yang bisa menyebabkan orang yang mengonsumsi mengalami infeksi bakteri antraks.

Nah, jika seseorang memakan daging anjing mentah atau olahan yang kurang matang juga bisa menyebabkan peradangan dipembuluh darah. Hal itu karena daging anjing juga megandung parasit bernama trichinella yang mengakibatkan manusia akan sulit melakukan gerakan tubuh, masalah jantung, gagal pernapasan hingga kematian.

Namun, jika kamu mengonsumsi daging anjing yang terjamin kebersihan, kematangan, dan kualitasnya maka konon bisa meningkatkan stamina karena anjing memiliki kandungan protein yang tinggi.

Selain itu, daging anjing yang penampilannya seperti daging sapi ini mempunyai fungsi yang sama dengan daging kambing yaitu, menaikan tekanan darah, melancarkan peredarannya, dan meningkatkan sel darah merah. Daging anjing akan cocok untuk kamu yang mempunyai tekanan darah rendah.

Tak sampai di sana, daging anjing juga mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga baik untuk memperbaiki sumsum tulang belakang. (Hutri Dirga)

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini