Peran Pesantren Bangkitkan Usaha Mikro di Tanah Air

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah meyakini pesantren di Indonesia bisa menjadi pendorong kebangkitan usaha mikro di Indonesia. Dengan jumlah sekitar 27 ribu pesantren yang tersebar di berbagai pelosok Tanah Air, Pesantren mempunyai fungsi strategis untuk membantu pelaku usaha mikro kecil, sekaligus memberdayakan komunitas di sekitar pesantren.

 “Potensi besar ini tentulah harus kita maksimalkan. Apalagi pesantren mempunyai ciri khas lekat dengan masyarakat,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menurutnya, optimalisasi pesantren sebagai tempat pengembangan usaha mikro apabila ada dukungan pendanaan yang mudah dijangkau. Salah satunya, ungkap Ma’ruf, melalui Bank Wakaf Mikro (BWM), sebagai bagian dari lembaga keuangan mikro syariah.

“Melalui skema sinergi (ta’awun), bergotong royong, tanggung menanggung, BWM memberikan akses pembiayaan yang mudah dan murah bagi pelaku usaha mikro kecil yang belum terjangkau akses keuangan formal,” katanya.

Melalui dukungan modal dari usaha besar, seperti BUMN dan swasta, Ma’ruf mengharapkan BWM dapat menjadi saluran perluasan akses pembiayaan dan pemberdayaan ekonomi umat.

“Sekaligus menjadi pengungkit mentalitas kewirausahaan di lingkungan pesantren,” katanya.

Ma’ruf mengakui kemiskinan masih menjadi isu yang dihadapi banyak negara di dunia. Apalagi, kemiskinan juga bersifat dinamis dan rentan terhadap guncangan, baik bencana alam dan non-alam, krisis ekonomi, maupun krisis politik.

“Di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, jumlah orang miskin terbukti bertambah dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda saat ini,” katanya.

Oleh karena itu, ungkapnya, pemerintah tentu terus berupaya melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini