Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Murid di Masa Pandemi Covid-19

Baca Juga

Dalam paparannya, Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya, Reneta Kristiani menjelaskan tiga langkah dasar dalam melakukan Mental First Aid Kit yakni Look, Listen dan Link. Ketiga tahapan tersebut menjadi tanggung jawab sekolah (guru), orangtua dan siswa yang merupakan sistem (The Teaching Triangle).

“Kerja sama antara The Teaching Triangle diperlukan dalam menerapkan Mental First Aid Kit yang nantinya akan menghasilkan perubahan baik First Order Change maupun Second Order Change demi KBM dengan kesehatan mental murid yang tetap terjaga,” ujarnya.

“Para guru dan orangtua jangan hanya berfokus pada apa yang dihasilkan murid. Yang lebih penting adalah proses dan perubahan nilai lebih dalam lagi. Bagaimana menjalin relasi dengan baik antara murid dengan guru. Bagaimana guru dan orangtua memastikan anak dapat belajar dengan baik,” ucapnya.

Sebagai mitra pelaksana Webinar Satkaara Berbagi-MFA, RGBK pun menyambut positif antusiasme dari para guru. Komitmen dan kepedulian Satkaara Berbagi terhadap kesehatan mental para siswa melalui Mental First Aid Kit ini sangat bermanfaat bagi para guru.

“Terima kasih kepada Satkaara Berbagi yang selalu memberikan dukungan bagi para guru di KGSB dalam mengembangkan kemampuan dalam dalam menciptakan suasana KBM yang semakin efektif. Semoga program inspiratif ini terus berlangsung demi pendidikan yang lebih baik,” ungkap Ana Susanti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini