Pengamat: PAN Dalam Fase Berbenah Pasca Ditinggal Amien Rais

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik dan pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menilai saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) terus berbenah terutama saat tokoh seniornya Amien Rais memutuskan untuk mendirikan Partai Ummat. Hal ini menjadi momentum bagi PAN untuk mempersiapkan diri menuju Pemilu 2024.

“PAN dalam fase berbenah pasca ditinggal Amien Rais, artinya menyiapkan tokoh partainya masuk ke gelanggang politik nasional,” kata Hendri kepada Mata Indonesia News, Kamis 13 Mei 2021.

Maka, suatu hal yang wajar jika partai ini berniat membuka peluang untuk mencalonkan kadernya sendiri pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

“Mengusung kader sendiri tentu semua partai ingin begitu, namun harus ada perhitungan politik yang harus dipenuhi,” kata Hendri.

Namun, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno masih mempertimbangkan situasi yang terjadi saat ini. Terlebih ada tiga nama dengan elektabilitas tinggi berdasarkan hasil sejumlah survei, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ini kami pantau situasinya ke depan, bagaimana kami, apakah PAN akan mendorong kadernya sendiri? Tentu kami akan melihat situasi dan kondisi,” kata Eddy.

Menurutnya, hal yang paling penting adalah calon yang diusung dapat memberikan efek elektoral bagi PAN, baik apabila calon tersebut kader PAN, kader partai lain atau tokoh non-partai.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini