Pengamat: Ini Pansel Capim KPK Terburuk

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Pengamat Politik Exposit Strategic Arif Susanto mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal diisi pemimpin yang tidak berkualitas. Penyebabnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (pansel capim KPK) periode 2019-2023 dinilai paling buruk.

“Ini pansel terburuk yang pernah ada dan mungkin pula berpotensi memunculkan kualitas KPK yang sama buruknya,” kata dia dalam diskusi di Jakarta, Senin 2 September 2019.

Arif menjelaskan kalau secara teknis seharusnya pansel fokus pada rekam jejak kandidat. Dia tak mempermasalahkan institusi Polri ata Jaksa.

Menurut dia, pansel saat hanya fokus pada kemampuan teknis calon pimpinan, tetapi menutup mata terhadap fakta ada kandidat yang menolak membuat laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Terlebih ada yang terindikasi berbohong di depan publik saat seleksi wawancara. Seharusnya itu menjadi dasar untuk mengeliminasinya.

Menurut Arif pertanyaan kepada calon pimpinan KPK tersebut sejauh mana keberanian mereka mengungkap kasus hukum yang luar biasa itu.

Sebab, menurut sejarahnya, KPK hadir di tengah ketidakpercayaan masyarakat terhadap institusi hukum yang sudah ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini