Penelitian Temukan Kartu Prakerja Kurangi Kecemasan Akibat Pandemi Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAKartu Prakerja mampu mengurangi dampak kesehatan mental akibat Pandemi Covid19.

Itu adalah fakta hasil penelitian, Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) yang dirilis, Kamis 24 Juni 2021.

Menurut Peneliti LPEM FEB UI Chairina Hanum Siregar dalam keterangannya mengungkapkan penelitian itu mendeskripsikan dampak program Kartu Prakerja terhadap kondisi kesehatan mental masyarakat di masa pandemi Covid19.

Penelitian itu berdasarkan survei terhadap 4.000 responden dari seluruh Indonesia pada Agustus-September 2020.

“Kondisi kesehatan mental dilihat melalui penilaian mandiri responden terhadap perubahan empat emosi dasar, yaitu kebahagiaan, kesedihan, kecemasan, dan amarah,” kata Chairina, Kamis 24 Juni 2021.

Berdasarkan hasil survei, pandemi COVID-19 telah memengaruhi kesehatan mental masyarakat. Kondisi kesehatan mental seseorang menjadi lebih buruk akibat pandemi itu bisa dilihat dari penurunan rasa bahagia, peningkatan rasa cemas, sedih, dan marah.

“Studi yang dilakukan membuktikan bahwa program Prakerja dapat menurunkan tingkat kecemasan, rasa amarah, dan rasa sedih. Dapat disimpulkan Kartu Prakerja tidak hanya membantu meningkatkan skill seseorang namun juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mental akibat pandemi,” ujar Chairina Hanum.

Untuk mengurangi dampak kehilangan pekerjaan dan penurunan pendapatan, pemerintah memprioritaskan pelaksanaan program Prakerja untuk pekerja maupun pelaku usaha mikro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini