Pemkot Yogya Pasang Sistem Panduan Lalu Lintas bagi Masyarakat saat Mudik

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta akan  memasang sistem informasi termasuk plang panduan lalu lintas bagi pemudik dari luar kota. Pihaknya memprediksi tingkat pemudik saat lebaran 2022 nanti akan membludak.

Wakil Wali Kota Yogya, Heroe Poerwadi mengatakan hingga kini Kota Yogya dan empat kabupaten lain masih menyiapkan integrasi jalur lintas bagi pengendara luar kota.

”Masih kami integrasikan agar alur lalu lintas bagi pemudik yang datang dari luar kota lebih tertata. Kita masih rapat se-kabupaten/kota DIY,” kata Heroe, Rabu, 20 April 2022.

Ia melanjutkan bahwa potensi kendaraan yang masuk terutama pemudik lebih banyak mengarah ke destinasi wisata. Sehingga Pemkot akan memperbanyak panduan ke tempat wisata.

Selain itu rekayasa lalu lintas terutama di bundaran Stadion Kridosono akan disiapkan sistem penjagaan dari Dishub Yogya untuk memecah kemacetan yang bisa terjadi.

“Hampir 2 tahun kita kan ditahan tidak mudik. Maka tahun ini jadi ajang masyarakat untuk datang ke Yogya. Baik berlibur atau memang ke rumah orang tua. Rekayasa lalu lintas tetap kami siapkan,” ungkap Heroe.

Tidak hanya panduan alur lalu lintas untuk mengarahkan pemudik. Alur untuk menuju kantong parkir di tiga titik lokasi yang ada di Yogya juga disiapkan.

Kendaraan pribadi para pemudik sendiri akan banyak datang dari wilayah Magelang. Termasuk dari Klaten yang akan menyumbang jumlah kendaraan pemudik ke Kota Yogya.

“Bayangan kami arah dari Kartasura, Klaten akan banyak masuk ke Yogya, dari Magelang, dan dari Purworejo semuanya tinggi. Apalagi jalur lintas selatan sudah mulai tumbuh dan nampaknya masyarakat penasaran untuk lewat di sana. Maka banyak hal yang di masa libur lebaran ini yang baru di Yogya, termasuk jalur di pansela itu,” kata dia.

Untuk syarat mudik seperti sudah vaksin booster dan menyiapkan hasil negatif swab Antigen atau PCR yang baru vaksin dosis kedua harus disiapkan.

Petugas di perbatasan DIY akan memeriksa tiap pengendara dan juga pemudik yang datang.

Reporter: M Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembukaan WWF ke-10: Indonesia Dorong Kolaborasi Hadapi Masalah Air Global

BALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka 10th World Water Forum di Bali International Convention Centre (BICC),...
- Advertisement -

Baca berita yang ini