Pemerintah Beri Kemudahan Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas yang Tak Miliki KTP

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah turut memberikan perhatian khusus bagi penyandang disabilitas terkait vaksinasi Covid-19. Meski tak memiliki KTP, mereka tetap bisa melaksanakan vaksinasi.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh. Ia mengatakan, kebanyakan penyandang disabilitas yang biasanya tinggal di panti asuhan kerap tidak memiliki NIK lantaran ketidakpastian domisili.

“Mereka bisa mendapatkan vaksin dengan mengandalkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang ditandatangani kepala panti asuhan,” ujarnya, Selasa 27 Juli 2021.

Zudan juga mengungkapkan bahwa program vaksinasi bagi penyandang disabilitas dapat terkendala. Oleh karena itu, perlu dipastikan terlebih dahulu di mana penduduk tersebut tinggal. “Apakah bersama saudaranya atau di panti asuhan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa berbekal SPTJM, maka Dinas Dukcapil setempat dapat menerbitkan Kartu Keluarga yang isinya adalah nama-nama penghuni panti asuhan beserta NIK-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini