Pembentukan Pasukan Siber untuk Kemashlahatan Umat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Abbas angkat bicara terkait pembentukan cyber army yang dilakukan MUI DKI Jakarta.

Menurutnya, pasukan siber perlu didukung jika tujuannya demi kemashlahatan umat.

“Kalau siber tersebut dibuat dan dipergunakan untuk menegakkan kebaikan dan kemashlahatan bagi umat dan bagi bangsa, maka hal demikian tentu jelas merupakan sesuatu yang baik dan terpuji,” katanya, Senin 22 November 2021.

Anwar Abbas menuturkan, siber (cyber) adalah sesuatu yang berhubungan dengan sistem komputer dan informasi. Bahkan, dalam perkembangannya dalam bahasa yang lebih ringkas, siber dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan internet.

“Jadi kalau dilihat dari perspektif ajaran agama Islam, hukum dasar membuat siber itu adalah halal atau boleh,” katanya.

Cuma persoalannya, untuk apa siber tersebut dibuat dan dipergunakan. Kalau siber tersebut dibuat dan dipergunakan untuk menegakkan kebaikan dan kemashlahatan bagi umat dan bangsa, maka jelas merupakan sesuatu yang baik dan terpuji.

Lain hal jika dipergunakan untuk sesuatu yang buruk dan bisa menciptakan suatu kemafsadatan, maka merupakan suatu hal yang terlarang dan tercela.

Karena itu, kata dia, kalau MUI DKI akan membuat sebuah siber tentu tidak ada masalah asal hal demikian dipergunakan untuk kebaikan dan kemashlahatan bagi masyarakat, umat, dan bangsa, serta negara.

Dia yakin, cyber army yang dibuatk MUI DKI untuk kemaslahatan umat sehingga diharapkan melalui siber itu akan bisa berbuat yang terbaik bagi umat, bangsa, dan negaranya. Begitu juga dengan pelaksanaan tugas suci dan mulia dalam agama, yaitu menegakkan dakwah amar maruf nahi mungkar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jogja Student’s Solidarity for Palestine: Stop the Genocide!

Mata Indonesia, Yogyakarta - Jogja Student's for Justice in Palestine merupakan komunitas yang lahir dari berbagai perguruan tinggi di Jogja atas dasar kepedulian terhadap perjuangan bangsa Palestina, 12/5/2023.
- Advertisement -

Baca berita yang ini