Kita Konsisten Tegakkan Prokes, Covid-19 di Indonesia Akan Berstatus Endemi Tahun Depan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Konsisten melakukan protokol kesehatan (prokes), PeduliLindungi, vaksinasi dan tes-lacak-isolasi kasus akan membawa Indonesia ke kondisi endemi Covid-19 tahun depan.

Hal itu diungkapkan Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan, Senin 22 November 2021.

Iwan menegaskan kondisi itu bisa tercapai jika kita semua sama-sama menjaga agar tidak terjadi lagi kenaikan kasus Covid-19.

“Jika masyarakat tidak mau level PPKM dinaikan lagi, maka kita harus menjaga agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 lagi. Caranya dengan semua konsisten melakukan prokes, PeduliLindungi, vaksinasi dan tes-lacak-isolasi kasus,” ujar Iwan.

Sehingga, menurutnya, semua harus bersama sama menjaga agar tidak terjadi lagi kenaikan kasus Covid-19.

Iwan menjelaskan PPKM dilakukan sesuai dengan indikatornya. Artinya, kata dia, level PPKM bisa diturunkan dan dinaikkan lagi jika terjadi peningkatan transmisi kasus Covid-19 atau berkurangnya kapasitas respons menurut kabupaten/kota.

Dia mengatakan prokes merupakan tindakan sederhana yang bisa dilakukan semua orang dan dapat sangat menurunkan risiko tertular atau menularkan Covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini