Para Tokoh Masyarakat Nabire Nilai Otsus Merupakan Bentuk Perhatian Pemerintah untuk Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, NABIRE – Kelanjutan Otsus Papua mendapat dukungan dari para pemuka masyarakat di Nabire. Mereka menilai kehadiran Otsus membawa dampak positif untuk Papua.

Menurut Tokoh Masyarakat Nabire Samuel Yamba, Otsus jilid II merupakan bentuk kepedulian Presiden Joko Widodo terhadap masyarakat di Papua.

“Pemerintah pusat khususnya Presiden Joko Widodo sangatlah memperhatikan rakyat Papua dengan adanya dana Otsus untuk bidang kesehatan dan pendidikan,” ujarnya, dikutip Rabu 29 September 2021.

Ia juga mengungkapkan bahwa kelanjutan Otsus sangat diharapkan oleh masyarakat agar pembangunan di Papua bisa terus bergulir.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Suku Yeresiam, Distrik Yaur, Kabupaten Nabire John Aduari. Ia merupakan tokoh berpengaruh dari Suku Yeresiam yang merupakan suku asli pesisir di Distrik Yaur.

Menurutnya, sejak era Reformasi sekarang, pemerintah Indonesia terus memberikan perhatian terhadap masyarakat Papua, khususnya melalui dana Otsus. Namun, penyaluran dana tersebut masih belum memberikan hasil yang maksimal kepada masyarakat karena ada oknum-oknum tertentu yang menyalahgunakannya.

“Dampak dari penyaluran yang tidak merata tersebut menimbulkan kondisi pembangunan di wilayah pesisir Papua yang cenderung lambat dan SDM yang belum berkembang secara maksimal”, katanya.

Ia menyadari bahwa selama ini alokasi dana untuk masyarakat pegunungan justru beralih kepada penggunaan yang tidak mendukung pemerintah seperti korupsi dan adanya indikasi memberikan dukungan kepada KST Papua. Untuk itu, ia berharap agar kondisi tersebut perlu diatasi segera.

“Dengan melalui peranan masing masing pihak dan penyediaan regulasi yang telah disempurnakan, sehingga SDM Papua bisa berkembang dan menjadi penopang pembangunan di Papua. Serta mencegah adanya potensi kerawanan sosial dari ketimpangan antara masyarakat pesisir Papua dengan masyarakat pegunungan Papua”, ujarnya.

John juga memberikan dukungan atas rencana pemekaran wilayah di Papua atau adanya Daerah Otonomi Baru (DOB). Menurutnya, DOB merupakan kebijakan pemerintah untuk menjadi solusi bagi kemajuan Papua.

“Seperti di Kabupaten Nabire, dengan adanya DOB akan membantu Nabire mengembangkan wilayahnya dan sumber daya manusianya untuk mendukung kebijakan tersebut,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini