Papua Penting Bagi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan wilayah yang penting bagi Indonesia. Maka, tidak heran jika program pembangunan terus gencar dilakukan dan dipercepat. Daya tarik salah satu wilayah di paling timur Indonesia inilah yang menjadikan Papua menjadi faktor penting untuk Indonesia.

“Orang lain memperhatikan Papua, bagi saya Papua penting bagi Indonesia. Ketika dilirik negara lain maka orang mulai memperhatikan Papua,” kata Dosen Sejarah Universitas Cenderawasih Ester Yambeyapdi, dalam Webinar berjudul KMB dan Penyelesaian masalah Papua, Senin 10 Januari 2022.

Mengingat posisinya yang penting, maka pembangunan di Tanah Papua terus menjadi prioritas pemerintah. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan kerja pada tahun 2021 lalu. Wapres mengemukakan pemerintah akan terus melanjutkan program-program unggulan untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan.

Terdapat Rencana Aksi Instruksi Presiden No.9/2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat untuk mendukung pembangunan kesejahteraan. Ada juga dukungan melalui Dana Otonomi Khusus Papua Tahun Anggaran 2022 yang berupa Scientific Grant sebesat 1,25% dari DAU nasional dan Dana Tambahan Infrastruktur.

“Arahan dari Presiden adalah harus memberikan perubahan nyata dan hasilnya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP),” kata Wapres.

Adapun terdapat 7 fokus pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua  Barat yaitu kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan layanan kesehatan, pembangunan infrastruktur dasar, penguatan usaha kecil dan menengah, peningkatan ketenagakerjaan, dan pencapaian tujuan pembagunan berkelanjutan (SDGs).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini