Pantai Tablanusu, Surga Tersembunyi di Kabupaten Jayapura

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Tanah Papua memang memiliki alam yang indah. Salah satunya adalah pantai eksotis yang bernama Pantai Tablanusu. Pantai ini terletak di Kabupaten Jayapura.

Secara administratif, Pantai Tablanusu terletak di Kampung Tablanusu Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Lokasinya berjarak 63 km dari pusat Kota Jayapura, yakni Taman Imbi. Dari Taman Imbi, dapat ditempuh menggunakan mobil sekira 2 jam 15 menit.

Sementara, jarak dari Bandar Udara Sentani menuju lokasi Pantai Tablanusu, yakni 31 km. Pengunjung dapat menggunakan mobil dengan estimasi waktu perjalanan 1 jam 21 menit dari Bandar Udara Sentani.

Dari Bandar Udara Sentani, pengunjung atau wisatawan dapat mengakses Jalan Raya Sentani menuju kaki Gunung Ifar, kemudian mengarah ke Kertosari, lalu akan tiba di Distrik Depapre.

Sebelum sampai ke Pelabuhan Depapre, untuk menuju Pantai Tablanusu, harus belok ke kanan, sedangkan belokan ke kiri untuk ke Pantai Amai.

Sesampainya di Pantai Tablanusu, wisatawan akan merasa nuansa pantai yang berbeda, karena tidak akan menemukan pantai berpasir putih seperti biasanya. Adapun fasilitas wisata yang ada di Pantai Tablanusu, yakni gazebo atau tempat duduk, hingga toilet.

dok: kopertravel.id

Tetapi wisatawan akan mendapati batu koral yang menyelimuti permukaan Pantai Tablanusu, dilengkapi dengan pepohonan kelapa yang tumbuh rindang. Sejatinya batu koral ini secara tekstur seperti batu kerikil, dan berukuran 1 hingga 4 cm.

Wisatawan juga dapat melihat hutan hujan tropis yang khas di daerah pasifik, dengan tutupan hutan yang masih amat lebat.

Selain itu, apabila cuaca cerah, matahari akan bersinar dengan terang, sehingga air laut yang kebiruan akan memberikan gradasi warna yang selaras dengan langit.

dok: kopertravel.id

Wisatawan yang berkesempatan mengunjungi Pantai Tablanusu, dapat melakukan berbagai aktivitas wisata, mulai dari berenang, menyelam, memancing, ataupun, sekadar berjalan di pantai.

Menyelam di Pantai Tablanusu merupakan salah satu aktivitas wisata yang difavoritkan wisatawan, karena seperti surga yang tersembunyi, di dasar laut masih banyak ditemui terumbu karang, dan juga berbagai spesies ikan.

Pantai Tablanusu sangat cocok dikunjungi saat akhir pekan tiba, karena biasanya ramai sehingga tak terkesan sepi. Bagi wisatawan yang menggemari fotografi, banyak sekali spot foto menarik yang dapat ditemui di Pantai Tablanusu.

Misalnya saja, mengabadikan momen saat matahari terbenam, kepiting bermain di pasir, hingga rindangnya pepohonan juga dapat menjadi objek yang berkelas di kamera.

Selain itu, di sekitar Pantai Tablanusu juga terdapat hutan yang menawarkan wisata petualangan dengan menyusuri perbukitan di belakang kampung.

Di dalam hutan tersebut, wisatawan dapat menemui berbagai jenis flora atau tumbuhan, misalnya anggrek. Lalu, dapat mendengar kicauan burung yanh seolah-olah bernyanyi menghibur pengunjung.

dok: kopertravel.id

Kemudian, di danau alamnya yang merupakan danau air tawar ini terdapat banyak ikan, misalnya Ikan Bandeng (chanos chanos), Ikan Mujair (oreochromis mossambicus), dan Ikan Mas (cyprinus carpio). Sebagian warga juga membuat tambak tambak kecil untuk memelihara ikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini