Pangeran Arab Saudi Lepas Mayoritas Saham Hotel Four Season ke Bill Gates untuk Lunasi Utang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kepemilikan saham Four Seasons Hotels and Resorts mengalami perubahan drastis. Taipan asal Amerika Serikat, Bill Gates berhasil mengakuisisi mayoritas saham hotel asal Kanada tersebut dari Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi.

Bill Gates diketahui melakukan aksi korporasi tersebut lewat perusahaannya, Cascade Investment LLC. Menukil Reuters, Kamis 9 September 2021, Nilai transaksi saham itu mencapai 2,21 miliar dolar AS setara Rp 31,5 triliun (kurs Rp 14.260).

Dengan pembelian itu, Bill Gates jadi memiliki 71,3 persen saham perusahaan. Nilai perusahaan juga meningkat menjadi 10 miliar dolar AS. Pangeran Alwaleed diketahui memiliki saham di Four Seasons melalui perusahaan investasinya, Kingdom Holding Co.

Meski setengah sahamnya diambil alih, sisanya tetap masih milik dari Kingdom Holding. Selama 10 tahun terakhir pangeran Alwaleed juga dikabarkan telah banyak menjual sahamnya.

Dengan sisa saham yang tidak disebutkan besarannya, Kingdom Holding mengatakan akan menggunakan hasil tunai dari divestasi untuk investasi masa depan dan membayar pinjaman yang belum dibayar.

Tidak hanya di Four Seasons pangeran Arab juga memiliki saham di banyak perusahaan, seperti Citigroup Inc (C.N) dan perusahaan transportasi online Lyft Inc (LYFT.O).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini