Pandemi Covid19 Berakhir Tergantung Sikap Masyarakat pada Vaksin dan Protokol Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagaimana Pandemi Covid19 berakhir atau terkendali sangat tergantung kepada sikap kita sebagai masyarakat. Terutama sikap disiplin menegakkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

“Vaksin terbukti aman, efektif dan sangat penting dalam pengendalian pandemi karena vaksin membuat kita kebal,” begitu pesan yang diterima Mata Indonesia News dari ahli vaksin, dr Dirga Sakti Rambe, Minggu 21 Maret 2021.

Agar kita semua mendapat proteksi yang optimal, vaksinasi harus dilakukan bersama protokol kesehatan 3M atau 5M (memakai masker, menjaga jarak, menyuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas).

Bila itu kita lakukan dengan sungguh-sungguh dengan konsisten, pandemi ini dapat segera terkendali.

Jika setelah menerima vaksin mengalami demam itu berarti tubuh kita berhasil mengenali virus penyebab Covid19. Untuk menguranginya dianjurkan minum air putih sebanyak-banyaknya dan demam itu tidak akan lebih dari 48 jam.

Jika demam berlanjut, Dirga mempersilakan minum paracetamol. Sedangkan, jika kita hanya mengalami pegal di bekas suntikan cukup dikompres dengan es.

Semua itu, menurut Dirga, merupakan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang ringan dan wajar. Pada setiap vaksinasi atau imunisasi apa pun pasti disertai efek samping.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini