Pancaroba, BMKG Minta Warga Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Cuaca ekstrem kemungkinan bakal terjadi pada masa-masa pancaroba atau pergantian musim, dari kemarau ke musim penghujan dalam waktu dekat. BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin berkata, pada masa pancaroba, kemungkinan akan terjadi banjir bandang, hujan es hingga puting beliung.

BMKG meminta warga melakukan upaya antisipasi munculnya korban, seperti memotong dahan dan ranting pohon yang lebat agar tidak roboh dan menimpa orang di bawahnya. Selain itu, warga juga diimbau memperbaiki kondisi rumah, terutama bagian atap agar tidak terjadi hal-hal yang di luar kendali.

Hal lainnya yang perlu diwaspadai, kata Miming, adalah kemungkinan gangguan kesehatan akibat perubahan musim. Sejumlah penyakit marak terjadi pada masa-masa pancaroba, seperti malaria dan flu.

“Karakteristik perubahan panas ke dingin ini sangat signifikan saat pancaroba. Karena memang respons tubuh terhadap perubahan yang mencolok bisa menimbulkan sakit. Jaga kesehatan karena perubahan cuaca akan cukup signifikan selama pancaroba ini,” ujar Miming.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini