Palestina Berdiri, PM Israel Ketakutan Diteror

Baca Juga

MATA INDONESIA, YERUSALEM – Sebelum menyudahi masa tugasnya, Kanselir Jerman, Angel Merkel melakukan kunjungan resmi terakhirnya ke Israel, di tengah perbedaan mengenai isu program nuklir dan pembentukan negara Palestina.

Merkel mengatakan bahwa Jerman tetap berkomitmen untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir internasional dengan Iran – sebuah langkah yang ditentang keras oleh Israel.

Selain itu, Merkel juga menyatakan, Jerman percaya solusi dua negara merupakan cara terbaik untuk mengakhiri konflik antara Israel dan Palestina yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

“Saya pikir pada titik ini, bahkan jika pada tahap ini tampaknya hampir tidak ada harapan, gagasan solusi dua negara tidak boleh diambil dari meja, tidak boleh dikubur … dan bahwa Palestina harus dapat hidup dalam keadaan aman,” kata Merkel pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Naftali Bennett, melansir Al Jazeera, Senin, 11 Oktober 2021.

Dia juga mengatakan pembangunan pemukiman Israel di wilayah pendudukan yang dicari oleh Palestina tidak membantu. Sementara Bennett, mantan pemimpin pemukim yang menentang pembentukan negara Palestina, dengan cepat mundur.

“Berdasarkan pengalaman kami, arti negara Palestina berarti sangat mungkin akan ada negara teror, kira-kira tujuh menit dari rumah saya dan dari hampir semua titik di Israel,” ucap Naftali Bennett.

Menyebut dirinya “pria pragmatis”, Bennett malah mengatakan dia siap untuk mengambil langkah-langkah di lapangan untuk meningkatkan kondisi kehidupan bagi warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Sebelumnya, Ayelet Shaked secara tegas menolak pembentukan negara Palestina. Ia menegaskan bahwa situasi saat ini adalah yang terbaik untuk semua pihak.

Dalam sebuah wawancara dengan The National selama kunjungan pertamanya ke Uni Emirat Arab (UEA) awal pekan ini, Shaked juga tak peduli dengan stigma bahwa Israel adalah negara apartheid yang mempromosikan dan melanggengkan supremasi Yahudi.

“Situasi saat ini adalah yang terbaik untuk semua orang. Lebih baik tetap seperti itu,” kata Ayelet Shaked, melansir Middle East Monitor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini