Otsus Bantu Papua Kejar Ketertinggalan dari Daerah Lain

Baca Juga

MATA INDONESIA, DEIYAI – Kepala Suku Besar Kabupaten Deiyai Frans Mote mengatakan bahwa pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua, termasuk Kabupaten Deiyai selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Dengan kehadiran UU otsus No. 2 tahun 2021 tentang Otsus Papua akan memperpanjang pemberian Otonomi Khusus terhadap Provinsi Papua. Keputusan ini sudah sangat tepat karena dengan adanya Otsus, Papua semakin berkembang,” ujarnya, dikutip Jumat 22 Oktober 2021.

Ia pun berharap perpanjangan Otsus bisa mengakomodir semua sektor untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Papua. “Mulai dari pembangunan infrasruktur, pendidikan dan kesehatan di Papua,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh masyarakat Distrik Kebo, Paniai Melkias Tebai. Menurutnya, Otsus merupakan kebijakan pemerintah yang tepat untuk mensejahterakan masyarakat papua.

“Dengan adanya otsus sudah banyak merubah papua di segi infrastruktur, kesehatan dan pendidikan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini dana Otsus yang diberikan tersalurkan dengan baik sampai di wilayah pelosok yang ada di Paniai.

“Sistem penyaluran otsus kali ini sangatlah baik dikarenakan mendapat pengawasan secara ketat dari pemerintah daerah,” katanya.

Dirinya menegaskan, akan mendukung semua kebijakan pemerintah pusat untuk mensejahterakan masyarakat asli Papua. Ia juga mengharapkan dengan keberlangsungan Otsus dapat mengejar kertertinggalan Papua dari wilayah lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini