Ngeri! Semakin Banyak Macan Kumbang Berkeliaran di Papandayan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Rasanya sulit tidak mengakui bahwa Gunung Papandayan di Kabupaten Garut sangat indah dan tepat untuk menghabiskan waktu berwisata.

Tapi, sebaiknya kalian yang punya rencana ke Papandayan harus waspada. Pasalnya, belakangan ini ditemukan sejumalah jejak macan kumbang, bahkan harimau di beberapa titik.

“Terakhir saya merekam sepasang macan kumbang, betinanya kelihatan hamil. Jumlah macan kumbang ini lebih banyak dan sering melintas di kawasan Papandayan,” ujar salah satu pegiat lingkungan Garut asal Jenggala, Agus, Senin 17 Juni 2019.

Kawasan Papandayan yang sering dilewati macan kumbang dan hewan buas lainnya adalah pabrik belerang, Lawang Angin, Tegal Alun, Tegal Bungbrun (Pondok Saladah) Guberhut, Gunung Puyang, Tegal Panjang, hingga kawasan Kamojang.

Di antara lokasi tersebut menurutnya ada yang sering digunakan pendaki menjadi lokasi camping. Ia pun meminta agar pendaki tidak lengah dan tetap waspada, karena tidak ada yang tahu kapan macan kumbang akan melintas.

“Kalau penasaran silakan coba, nyalakan unggun, bakar ayam dan jangan dimatikan apinya. Kemungkinan pasti medekat,” kata Agus.

Dalam waktu dekat, lanjut Agus, ia bersama rekannya akan memasang kamera trap di Tegal Panjang untuk mengetahui aktivitas macan kumbang dan hewan buas lain.

Selain macan kumbang dan harimau, disebut Agus ada juga aktivitas macan tutul di sekitar kawasan Papandayan. Makanya ia meminta agar pengelola TWA Papandayan untuk selalu mengingatkan pewisata.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini