Ngeri! Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Gunung Anak Krakatau erupsi lagi. Dalam catatan Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi terjadi pukul 10.10 WIB pagi tadi dengan tinggi kolom abu tidak teramati.

“Erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 12 Oktober 2019 pukul 10.10 WIB. Erupsi Terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi kurang lebih 2 menit 47 detik,” tulis laporan Badan Geologi, Sabtu 12 Oktober 2019.

Visual CCTV yang dipasang di sekitar gunung memperlihatkan abu vulkanik letusan berwarna kelabu hitam tebal dengan ketinggain 200 meter dari dasar kawah.

Akibat erupsi tersebut, Badan Geologi mencatat terjadinya 16 kali gempa vulkanik dangkal. Tercatat juga satu kali gempa harmonik dengan amplitudo 5 mm, dan lama gempa 131 detik, satu kali gempa tremor menerus dengan amplitudo 1-37 mm, dominan 1 mm.

Saat ini status Anak Krakatau berada pada level II (waspada). Masyarakat terutama wisatawan diminta tidak mendekati kawah dalam radius 2 kilometer.

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini