1 Orang Meninggal Dunia, 1,6 Juta Orang Mengungsi Imbas Topan Hagibis di Jepang

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA– Satu orang dilaporkan meninggal dunia akibat Topan Hagibis di Jepang. Topan super yang menimbulkan hujan deras dan angin kencang ini juga memicu perintah evakuasi bagi lebih dari 1,6 juta orang.

Dikategorikan sebagai “luas dan sangat kuat”, topan ini juga telah memaksa pembatalan dua pertandingan Rugby World Cup, mengganggu Grand Prix Jepang dan membatalkan lebih dari 1.600 penerbangan.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) memperkirakan, topan dahsyat ini akan menerjang wilayah Jepang tengah atau timur pada Sabtu 12 Oktober 2019 malam waktu setempat, dengan mendatangkan angin berkecepatan hingga 216 kilometer per jam.

“Topan Hagibis telah menewaskan satu orang di Chiba, sebelah timur Tokyo, yang juga dilanda topan dahsyat bulan lalu,” ujar juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Ichihara di Chiba, seperti dikutip kantor berita AFP, Sabtu 12 Oktober 2019.

Media-media lokal memberitakan, Hagibis diprediksi akan menjadi topan pertama yang dikategorikan “sangat kuat” yang menerjang pulau utama Honshu sejak tahun 1991, ketika sistem kategori badai mulai diperkenalkan.

Hingga Sabtu siang waktu setempat, sekitar 1,64 juta orang di wilayah terdampak telah dikenai perintah evakuasi non-wajib, dengan otoritas setempat menyerukan warga lanjut usia, difabel dan mereka yang memiliki anak-anak kecil untuk segera mengungsi ke tempat lain.

JMA menyatakan Hagibis merupakan topan luas yang diperkirakan akan mendatangkan “angin brutal dan ombak ganas” di banyak wilayah di Honshu. Hujan deras yang akan turun telah memicu peringatan terjadinya banjir.

JMA telah mengeluarkan peringatan akan terjadinya angin kencang, gelombang tinggi, tanah longsor dan banjir serius untuk banyak wilayah di Honshu

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini