Nahdlatul Tujjar, Upaya NU Bangkitkan UMKM di Indonesia Akibat Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tak hanya mengandalkan pemerintah, pemberdayaan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) butuh sinergi banyak pihak. Salah satunya menggandeng banyak jejaring organisasi berbasis kemasyarakatan.

Hal tersebut yang kini dilakukan Tokoh Muda Nahdlatul Ulama (NU), Addin Jauharuddin. Misinya membangkitkan UMKM di Indonesia kini mulai membuahkan hasil. Lawatannya ke 34 provinsi dalam beberapa bulan terakhir, dengan memberikan pelatihan kepada 34.000 UMKM Ansor ‘khatam’ sudah.

“Pelatihan kami sudah menjangkau seluruh provinsi di Tanah Air,” ujar Addin.

Memiliki latar manajemen dan ekonomi yang kuat membuatnya paham ihwal problematika UMKM. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Addin mengatakan di tengah situasi pagebluk seperti saat ini, penting untuk terus menghidupkan asa alias membangun optimisme kepada publik. Menelurkan berbagai terobosan dan kreasi demi mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

“Caranya dimulai dengan menggerakkan ekosistem UMKM. Kami mulai dengan teman-teman GP Ansor di daerah-daerah,” kata pria yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi PP GP Ansor DPP GP Ansor tersebut.

Dalam konteks pelatihan yang dijalankannya, Addin mengistilahkan sahabat-sahabat Ansor yang menjadi sasaran pemberdayaan programnya, merupakan model ‘Creativity and Innovation Hub’ dari kepentingan besar agenda pembangunan ekonomi NU dan masyarakat.

“Dalam situasi pandemik yang berkepanjangan, Ansor memandu dan menjadi menjadi penggerak agar berbagai UMKM. Ouput-nya adalah bagaimana para pelaku UMKM ini naik kelas. Itu yang sedang kami masifkan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini