Murah Banget! Segini Tarif KRL Solo-Yogya yang Mulai Beroperasi 10 Februari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kereta Rel Listrik (KRL) rute Solo-Yogyakarta akan segera dioperasikan secara resmi pada 10 Februari 2021 mendatang oleh PT KCI.

Tentu banyak yang penasaran, berapa sih tarif naik KRL rute Solo-Yogyakarta ini?

Ternyata murah banget. KRL Solo-Yogyakarta ini akan melayani 10 perjalanan pulang-pergi dengan tarif Rp 8 ribu saja.

Rencananya, awal Februari nanti, KRL ini akan diujicobakan selama 7 hari, dengan tarif sebesar Rp 1. Tarif ini hanya berlaku selama masa uji coba saja.

“Untuk uji coba KRL nanti kita akan mengoperasikan 3 trainset. Setelah resmi beroperasi 10 Februari nanti, kita akan melayani 10 perjalanan PP dengan tarif Rp 8.000,” ujar Direktur Operasional dan Pemasaran PT KCI, Wawan Ariyawan, Jumat 22 Januari 2021.

Wawan berkata, pihaknya akan berupaya membiasakan masyarakat tidak lagi menggunakan tiketing untuk pembayaran moda transportasi ini, melainkan memakai kartu dengan cara tap di mesin gate elektronik.

“Jadi nanti satu kartu hanya untuk satu orang, dan harus tap in untuk masuk juga kalau ingin keluar harus tap out,” kata Wawan.

PT KCI berencana menyiapkan buku panduan naik KRL, agar masyarakat tidak kebingungan. Buku tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat ketika hendak naik KRL. Beberapa peraturan dan larangan saat naik KRL juga dicantumkan.

Dikarenakan masih dalam masa Pandemi Covid-19, PT KCI juga menerapkan protokol kesehatan, Yakni dengan membuat tempat duduk berjarak di dalam kereta. Satu rangkaian transet hanya akan mengangkut sekitar 200 penumpang.

“Kita batasi maksimal 74 penumpang tiap gerbong. 74 itu kalau physical distancing, tapi kalau normal itu kurang lebih 200 penumpang,” ujarnya.

Sebagai informasi, panjang jaringan KRL Solo-Yogyakarta kurang lebih 60 kilometer. Sedangkan untuk total perjalanan rencananya akan sebanyak 20 perjalanan/hari dengan waktu tempuh masing-masing sekitar 68 menit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas Wujudkan Kelancaran Pilkada

Pilkada yang damai dan aman bukanlah sekadar impian, melainkan suatu keharusan yang bisa kita wujudkan bersama. Dengan sinergi optimal...
- Advertisement -

Baca berita yang ini