Mulai Juni Ada Bus Gratis di Bogor Buat Wara-Wiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kota Bogor bakal punya bus gratis yang wara-wiri di jalanan. Layanan bus buy the service (BTS) ini digagas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebelumnya layanan bus BTS ini sudah tersedia di beberapa kota dari mulai Yogyakarta, Surakarta, Denpasar, Medan hingga Palembang.

BTS merupakan layanan angkutan umum yang dilakukan pemerintah dengan membeli layanan yang disediakan operator. Dengan sistem ini, pembelian layanan dihitung berdasarkan formulasi biaya pokok yang akan menghasilkan nilai rupiah per kilometer.

Dengan demikian, pihak operator nantinya tetap dibayar berdasarkan nilai tempuh dalam rupiah per kilometer. Sehingga operator tidak lagi beroperasi dengan menggunakan skema kejar setoran yang justru membahayakan penumpang.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, rencanannya layanan bus BTS di Bogor mulai beroperasi pada Juni mendatang. Dalam periode tiga bulan pertama akan dilakukan sosialisasi, sedangkan jika sukses maka akan beroperasi secara penuh.

Dalam tiga bulan masa sosialisasi ini, tarif yang akan dikenakan adalah Rp 0 alias masih gratis. Namun, masyarakat tetap harus melakukan taping meskipun nantinya tidak akan dipotong atau saldo di kartu atau uang elektroniknya tidak akan berkurang.

“Untuk terlaksananya program ini supaya akuntabel kami akan menggunakan e-ticketing walaupun dalam tahapan sosialisasi karena ini pelayanan dengan tarif Rp0 nggak apa-apa agar masyarakat terbiasa menggunakan e-ticekting,” ujarnya.

Pada masa ujicoba pengoperasian layanan BTS, akan 75 bus yang beroperasi. Dari jumlah 75 bus tersebut akan melalui 6 koridor atau rute. Berikut 6 koridor atau rute dari bus BTS yang beroperasi mulai Juni:

– Terminal Bubulak – Yasmin – Warung Jambu – Baranangsiang / Cidangiang

– Terminal Bubulak – Stasiun Bogor – KRB – Baranangsiang / Cidangiang – Ciawi

– Terminal Bubulak – Stasiun Bogor – KRB – Suryakencana / Empang – Sukasari Lawang Gintung – Ciawi

– Ciawi – Baranangsiang / Cidangiang – KRB – Warung Jambu Pomad / Ciparigi
– Ciparigi – Stasiun Bogor

– Parung Banteng – Warung Jambu melalui R3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas Wujudkan Kelancaran Pilkada

Pilkada yang damai dan aman bukanlah sekadar impian, melainkan suatu keharusan yang bisa kita wujudkan bersama. Dengan sinergi optimal...
- Advertisement -

Baca berita yang ini