Mudik Tahun Ini Akan Jadi Pembuktian Indonesia Ciptakan Endemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Fenomena mudik lebaran tahun ini akan menjadi pembuktian bahwa masyarakat dan Pemerintah Indonesia mampu mengubah pandemi menjadi endemi covid-19 atau gagal.

“Mudik ini adalah salah satu ujian kita. Karena kalau kita mau merujuk pada posisi yang kita sebut sebagai endemi, kita harus konsisten agar penularannya tetap rendah, angka positif tetap rendah, kasus juga lebih sedikit, dan kasus kematian juga rendah,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, Kamis 7 April 2022.

Maka, pada masa transisi menuju endemi ini seluruh masyarakat diharapkan mampu menaati aturan yang ada.

Akibatnya tidak terjadi lonjakan kasus covid-19 usai lebaran nanti.

Sementara pemerintah mencari cara menekan semua indikator tersebut di tengah mobilitas manusia yang cenderung tinggi nanti.

Selain perilaku masyarakat yang sadar dengan karakter Virus SARS-Cov-2, endemi bisa tercapai saat cakupan vaksinasi.

Baik dosis kedua maupun booster dan imunitas dalam tubuh masyarakat di Indonesia juga meningkat.

Target dalam waktu dekat, menurut Nadia, adalah cakupan vaksinasi booster di Indonesia mencapai 30 persen pada Mei 2022.

Target tersebut disusun tersebut tidak berhubungan dengan fenomena mudik lebaran, melainkan dengan perhitungan yang realistis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini