MPus, Bus Unik dari Bandung yang Siap Cari Warga Sakit

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang selalu memunculkan inovasi terbarunya dalam bidang pelayanan. Kali ini dirinya memperkenalkan sebuah bus yang disulap layaknya puskesmas keliling. Kendaraan tersebut dipanggil MPus (Mobile Puskesmas) untuk melayani di bidang kesehatan dan menjangkau wilayah terpencil di Jawa Barat.

Kang Emil memposting hal ini melalui jejaring sosial instagram miliknya, pada Kamis 17 April 2019. “MPUs (Mobile Puskesmas) sudah siap melayani kesehatan untuk warga di desa-desa terpencil dan terjauh di Jawa Barat. Termasuk Telemedicine yaitu konsultasi live dari dokter umum di MPUs ke dokter-dokter ahli di Command Center Kesehatan. Kerja dan Inovasi #JabarJuara untuk desa,” tulis Kang Emil.

Hadirnya MPus ini diharapkan agar warga bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter umum dan tenaga medis tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Interior bus diubah bak menjadi klinik mini lengkap dengan alat medis, kasur dan meja dokter. MPUS juga dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan warga berkonsultasi dengan dokter spesialis, di samping dokter umum pendamping secara langsung.

Mobil berwarna biru muda-putih ini, didesain dengan untuk menjelajah berbagai medan. Terutama di wilayah gunung dan perbukitan. “Ini bentuk solusi atas aspirasi dan keluhan warga di daerah terpencil, fasilitas di sini sebanding dengan puskesmas biasa baik dari dokter dan alat kesehatannya,” katanya.

Untuk mengoperasikan mobil ini dibutuhkan tujuh orang, yang terdiri dari sopir, operator mesin bus, dokter dan perawat. Rencananya Emil akan meluncurkan lima armada MPUS di Jawa Barat.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini