Mirip T.rex, Ahli Paleontologi Temukan Spesies Baru Dinosaurus di Argentina

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Spesies baru dinosaurus, dengan lengan pendek seperti Tyrannosaurus rex atau T.rex ditemukan oleh Ahli paleontologi di Argentina.

Fosil spesies baru yang dinamakan Meraxes gigas ini ditemukan di wilayah Patagonia utara, Argentina.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Current Biology belum lama ini, mahkluk purba ini memiliki panjang 11 meter dan berat lebih dari 4 ton.

Dikutip dari CNN, Meraxes gigas adalah karnivora dari kelompok dinosaurus Carcharodontosauridae yang hidup di zaman Kapur, 145 juta sampai 66 juta tahun yang lalu.

Banyak fosil Carcharodontosauridae ditemukan dalam 30 tahun terakhir, tapi tidak banyak yang diketahui tentang tengkorak, lengan bagian bawahnya, maupun kakinya. Namun hal tersebut berubah dengan penemuan M.gigas karena fosilnya yang utuh.

“Untuk pertama kalinya kami tahu, banyak detail terkait bagian-bagian tertentu anatomi dinosaurus karnivora raksasa ini,” jelas Juan Canale dari Museum Paleontologi Ernesto Bachmann, Neuquen, Argentina, kepada CNN.

Para peneliti menemukan kaki depan yang hampir utuh, yang mempermudah para peneliti menyimpulkan bahwa M.gigas memiliki pundak kecil, mirip T.rex.

Namun tim mengatakan M.gigas hidup terpisah dari T.rex dan punah hampir 20 juta tahun sebelum T.rex berjalan di muka bumi.

Canale mengatakan, walaupun kedua jenis dinosaurus ini memiliki kepala dan pundak yang kecil, struktur tulang mereka sangat berbeda.

Leluhur M.gigas memiliki pundak yang lebih panjang dan kepala yang lebih kecil serta pundak mereka penting dalam proses berburu tapi berubah seiring waktu.

Para peneliti tidak mengetahui apakah fosil ini dinosaurus jantan atau betina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini