Minggu Pagi, Maluku Utara Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,2

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Maluku Utara diguncang gempa dengan magnitudo 5,2 pada Minggu 26 Desember 2021 pukul 09.22 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi tergolong gempa dangkal sebab pusat ada di kedalaman 38 kilometer.

“Memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi dalam Lempeng Laut Maluku,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, Minggu.

Pusat gempa itu menurut BMKG berada 138 kilometer barat laut Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Meski pusat gempa berada di laut, namun BMKG menegaskan tidak berpotensi tsunami di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Namun, diketahui berdasarkan estimasi peta guncangan atau shakemap gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di daerah Tobelo III MMI. Guncangan akan dirasakan di dalam rumah terasa seperti getaran truk yang sedang berlalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini