Menteri Tjahjo: Cegah Kerusuhan Manokwari, Kepala Daerah Harus Jaga Omongan

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Untuk mencegah kerusuhan seperti Manokwari, Ibu Kota Papua Barat, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah menjaga omongan mereka.

“Saya minta –termasuk diri saya– berhati-hati membuat pernyataan, karena pernyataan sekecil apapun kalau emosional tanpa terkendali itu bisa menimbulkan opini yang berbeda,” ujar Tjahjo di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

Setelah situasi keamanan membaik, Tjahjo menegaskan berencana mengundang Gubernur Papua Barat, Gubernur Papua dan Gubernur Jawa Timur untuk menyelesaikan persoalan yang timbul tersebut.

Selain itu, dia juga akan memanggil dan meminta klarifikasi Sekretaris Daerah Papua yang menyatakan wilayah tersebut sebagai Israel kedua.

Sebelumnya massa memblokade sejumlah jalan utama di Manokwari, Papua Barat dengan membakar ban sehingga membuat arus transportasi di daerah itu lumpuh.

Mereka bahkan dikabarkan membakar gedung DPRD Papua Barat. Sementara di Jayapura puluhan ribu warga Papua berjalan kaki menuju Kantor Gubernur Dok II Jayapura untuk menemui Gubernur Papua Lukas Enembe. Aksi itu menyebabkan jalan utama macet dan pertokoan tutup.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut pemicu aksi di Papua dan Papua Barat adalah pernyataan negatif sejumlah oknum soal isu pelecehan bendera Merah Putih di Jawa Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini