Mentan Sebut 180.000 Sapi di Indonesia Terjangkit PMK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Jumlah kasus Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah mencapai 180.000 di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

“Kita punya 18 juta ekor sapi di Indonesia yang terkena 180 ribuan, kurang dari satu persen (dari populasi),” kata Yasin Limpo, di Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Selasa 21 Juni 2022.

Ia menyebutkan, bahwa wabah PMK sudah ada di seluruh Asia dan sedang berkembang terutama di Negara Afrika dan Arab dan juga sudah masuk Indonesia, setidaknya sudah ada 19 provinsi dengan 169 kabupaten dan kota yang melaporkan adanya kasus PMK.

“Namun tidak seluruhnya. Mungkin hanya satu desa. Misalnya di Bengkulu yang terkena hanya 9 (ekor sapi),” katanya.

Ia juga menyebutkan, pihaknya menerapkan basis zona bukan country base atau provinsi tapi zona desa dan untuk wilayah yang ditemukan kasus PMK ditetapkan sebagai zona merah. Kemudian, wilayah dengan zona merah itu harus dilockdown.

“Zona basis yang kami terapkan, bukan country base atau provinsi, tapi kami tetapkan desa. Semua zona yang merah yang terkena wabah dilockdown, tidak boleh ada mutasi hewan hidup dari sana. Kecuali, sudah dipotong,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, untuk saat ini pemerintah sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi wabah tersebut. Salah satunya, akan mendatangkan 3 juta vaksin PMK.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pemantauan perkembangan wabah PMK dan setiap daerah diminta melakukan deteksi dini dan segera melaporkan.

“Setiap daerah harus mendeteksi dan melapor, itu kami lakukan monitoring berjenjang hingga provinsi, setiap tiga hari kami ambil laporannya,” ujarnya.

“Ada vaksin bantuan dari beberapa negara dan dari FAO itu yang kami sebar, itu vaksin darurat dan akan berlanjut. Tahap pertama sebanyak 800 ribu yang disebar,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini