Menpora Beberkan Persiapan PON XX, Ada Tes Even Sebelum Pembukaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menpora Zainudin Amali membeberkan persiapan PON XX Papua. Dia mengatakan, akan digelar tes even sebelum pembukaan pekan olahraga empat tahunan tersebut.

Data-data kesiapan PON XX sudah didapatkan saat rapat koordinasi dengan KONI dan pihak terkait lainnya beberapa waku yang lalu, setelah Ketum KONI Marciano Norman melaporkan update terakhir usai kunjungan kerja ke Papua.

“Persiapan on progres, persiapan venue, tempat penginapan, pertandingan, di empat klaster, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke, insyaallah tepat waktu,” kata Menpora Amali, di laman resmi Kemenpora.

“Sebelum pembukaan 2 Oktober, ada tes even, ada yang pada akhir Agustus dan sekitar September sudah ready semua. Untuk memantau perkembangan ada Staf Kemenpora yang selalu bertugas bergantian di Papua,” ujarnya.

Sebagaimana regulasi yang ditetapkan, PON adalah tanggung jawab daerah dalam hal ini PB PON yang diketuai oleh Gubernur, namun ada tanggung jawab Kemenpora yang merupakan bentuk dukungan.

“Ada dua tanggung jawab Kemenpora, satu pengadaan peralatan untuk cabor tertentu, tidak semua, karena ada yang biaya APBD dan APBN. Untuk yang tanggung jawab Kemenpora Agustus sudah di lokasi,” ujarnya.

“Yang kedua bentuk dukungan penyelenggaraan, untuk wasit, juri, dan perangkat pendukung, di luar yang sebagian besar dari daerah. Ada arahan Bapak Presiden bahwa selain semua kontingen dipastikan vaksinasi untuk penduduk sekitar venue dua pertiga juga harus divaksin, sebagaimana disampaikan oleh Kemenkes saat ini sudah 70 persen artinya dari tenggat waktu akan terealisasi,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini