Mengejutkan! Inggris Ingin Bekerja Sama dengan Taliban

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Pemerintah Inggris secara mengejutkan akan bekerja sama dengan Taliban. Strategi ini tak lain agar dapat memasuki pemerintahan di Afghanistan, Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengatakan.

“Siapa pun pemerintahan saat ini, asalkan mematuhi norma-norma internasional tertentu, pemerintah Inggris akan terlibat dengannya,” kata Ben Wallace, melansir Reuters, Rabu, 14 Juli 2021.

Taliban, yang memerintah Afghanistan dengan tangan besi sejak 1996 hingga 2001, telah berjuang selama 20 tahun untuk menggulingkan pemerintah dukungan Barat yang berpusat di Kota Kabul.

Didorong oleh kepergian pasukan asing dengan batas maksimum bulan September, kelompok pemberontak Taliban membuat dorongan baru untuk mengepung kota-kota dan menguasai banyak wilayah di Afganistan.

“Apa yang sangat diinginkan (Taliban) adalah pengakuan internasional. Mereka perlu membuka pembiayaan dan dukungan (untuk) pembangunan bangsa, dan Anda tidak melakukannya dengan balaclava ala teroris,” sambungnya.

“Anda harus menjadi mitra perdamaian jika tidak, Anda berisiko terisolasi. Isolasi membawa mereka ke tempat mereka terakhir kali”, tambahnya.

Wallace juga mengimbau Taliban dan presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, untuk bekerja sama demi menciptakan stabilitas perdamaian dan keamanan negara itu setelah selama beberapa dekade terlibat konflik.

Para pemimpin senior Afghanistan akan terbang ke Doha, Qatar untuk melakukan pembicaraan dengan Taliban pada pekan ini, karena kelompok pemberontak mengambil sikap keras dalam negosiasi.

Taliban juga memperingatkan Turki terhadap rencana untuk menahan beberapa pasukan di Afghanistan untuk menjalankan dan menjaga bandara utama Kabul. Para pejabat Taliban mengatakan pekan lalu bahwa kelompok itu telah menguasai 85 persen wilayah di Afghanistan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini