Mending di Rumah Saja, Indonesia Bakal Diguyur Hujan Malam Tahun Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – BMKG memprediksi, hujan lebat akan mengguyur nyaris seluruh wilayah di Indonesia pada akhir tahun 2020 ini, tepatnya mulai 28 Desember hingga malam tahun baru 31 Desember.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan resminya, Jumat 25 Desember 2020 menyebut, sejumlah wilayah yang akan dihguyur hujan antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, hujan lebat dengan curah hujan 50 hingga 100 mm per hari berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua pada 25 sampai 27 Desember 2020.

Menurut hasil pemantauan BMKG, hingga menjelang akhir Desember 2020 sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

Guswanto berkata, pihaknya sudah mengimbau pemerintah pusat dan daerah serta warga di daerah dengan potensi curah hujan tinggi hingga sangat tinggi mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini