Membangun Papua Adalah Jadikan Orang Asli Sebagai Pemain Utama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk membangun Papua dan Papua Barat pemerintah perlu melakukan intervensi yang membuat orang asli menjadi “pemain utama” di kedua daerah itu.

Demikian pesan akademisi asal Papua, Gabriel Lele yang diterima Mata Indonesia News, Kamis 25 Maret 2021.

“Referendum bukan opsi yang akan berhasil menyelesaikan masalah Papua, justru pendekatan dialogis dengan masyarakat Papua yang harus dikedepankan,” ujar Gabriel.

Menurut Gabriel hal yang harus dilakukan Pemerintah Pusat adalah bagaimana membuat warga asli setempat mendapat peran di bidang politik maupun ekonomi.

Alasannya, karena kelebihan kemampuannya, dua sektor itu mulai didominasi para pendatang yang membuat warga asli tersingkir secara perlahan.

Selain itu, harus dibuka ruang dialog terhadap mereka yang sering dituding sebagai separatis karena berusaha mengajak masyarakat Papua memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini