Mau Mudik? Ayo Tiket Kereta Api Lebaran 2022 Mulai Dijual

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siap-siap mudik. Pemerintah akhirnya mengizinkan warga untuk mudik ke kampung halamannya. Nah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah mulai membuka penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 1443 Hijriah mulai 1 April 2022.

”Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Kamis 31 Maret 2022.

Tiket kereta api lebaran 2022 dapat dibeli di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Saat ini KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Perubahan kebijakan PT KAI ini untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api.

Para calon penumpang kereta api agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri. Pada saat melakukan pemesanan tiket.

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya. Dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah terbit,” katanya.

KAI menetapkan masa angkutan Lebaran. Yaitu H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari.

Adapun kapasitas tempat duduk rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk kereta api jarak jauh dan KA lokal per hari.

Hingga 31 Maret 2022, KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 hingga 30 April atau 15 persen dari total tiket yang disediakan.

Kereta api favorit masyarakat pada periode tersebut, yaitu

  • KA Airlangga relasi Pasar Senen – Surabaya Pasarturi pp
  • Bengawan relasi Pasar Senen – Purwosari pp
  • Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng pp,
  • Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta pp.

Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April.

“Tiket KA pada masa angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia,” ujar Joni.

KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, calon penumpang akan cek suhu tubuh. Serta menggunakan hand sanitizer saat masuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini